Mini Cart

  • No products in the cart.

Tehnik Fashion: Fabric Manipulation

Saat ini fabric manipulation sedang digemari banyak fashionpreneur yang menambahkan fabric manipulation ke dalam design  pakaiannya sebagai pemanis. Mungkin masih banyak orang yang belum mengerti apa itu fabric manipulation,  Fabric manipulation adalah sebuah teknik jahit membentuk bahan/kain lipat ataupun dikerut agar memberi kesan manis. Ada beberapa teknik fabric manipulation seperti smock, pleats dan opnaisel/tuck.

Salah satu tekhnik fabric manipulation yang sering digunakan yaitu opnaisel atau tuck. Tuck atau lebih dikenal dengan nama opnaisel merupakan hiasan pada busana yang terbentuk dari pengolahan permukaan kain. Opnaisel merupakan jahitan luar pada lipatan kampuh atau kerutan baju dengan ukuran lebar 0.5 cm atau 1 cm yang dijahit tindas sebagai variasi pada baju atau digunakan sebagai fitur dekoratif. Fungsi utama dari opnaisel sendiri adalah untuk memberi tekstur berbagai macam bentuk  pada bagian pakaian.

Salah satu jenis opnaisel yang paling populer yaitu berupa pin tucks dengan tekstur sangat halus dan kecil, biasanya dibuat berjarak sangat dekat satu sama lain. Tucks jenis ini tidak bisa ditekan ke satu sisi sehingga cenderung untuk berdiri. Opnaisel dapat diaplikasikan pada di bagian depan pakaian , bagian tangan, kerutan pada pergelangan tangan, pinggang, serta pada bagian bawah pakaian .

Berikut ini adalah contoh produk eclemix hasil fabric manipulation.